Tutorial Membuat Logo PT Pertamina Menggunakan CorelDraw

MP Tutorial Desain – Selamat malam, ini adalah materi pertama saya pada tutorial membuat logo, rencananya saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat logo-logo dari berbagai produk dan perusahaan, sebagai tambahan pengetahuan anda yang sedang mempelajari desain grafis.

Logo pertama yang akan saya bahas disini adalah logo dari perusahaan Migas terbesar yang ada di Indonesia, yaaaa siapa lagi kalau bukan PT Pertamina ! Logo dari perusahaan ini pasti sudah sangat anda kenal dan anda pasti sudah tau seperti apa bentuknya, karena logo ini sering banget kita lihat dan pasti terpajang di berbagai Pom Bensin di Indonesia, karena bensin saat ini merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat dan anda semua pasti sering sekali mampir kesana, saya rasa membayangkan logo pertamina pasti tidak akan sulit kan?

Memang dasar membuat logo-logo dari produk / perusahaan yang utama adalah anda mengingat bentuk nya, karena yang akan kita buat ini logo yang telah dibuat sebelumnya jadi kita tidak boleh merubah sebagian kecil / besar bentuknya, karena dapat melanggar hak cipta tentunya, namun jika niat anda hanya untuk berlatih dan mencoba-coba untuk membuat sebuah logo, maka kesampingkan dulu masalah hak cipta tersebut, mari enjoy saja berlatih ..!


Tutorial Membuat Logo PT Pertamina Menggunakan CorelDRAW

Untuk membuat logo pertamina sendiri, tidaklah sulit, karena pada dasarnya pembuatan logo itu harus sesimple mungkin namun memiliki estetika dan makna yang besar. Kita lihat saja perusahaan besar seperti Miscrosoft Windows, Google dll mereka membuat logo sesimple mungkin namun bagus dan enak dipandang, karena apa? Ya karena logo yang simple itu mudah diingat olah orang banyak dong.

Saya rasa cukup sekian basa-basi saya, mari kita mulai pembuatan dari logo PT Pertamina yang sudah saya janjikan sebelumnya. 

Langkah pertama
Tentu saja buka Program CorelDRAW anda, kemudian buatlah sebuat persegi menggunakan Rectangle Tool (Gunakan CTRL saat membuat Persegi agar hasilnya benar-benar Persegi bukan Persegi Panjang)
Membuat Persegi Menggunakan Rectangle Tool
Gambar 1. Membuat Persegi Menggunakan Rectangle Tool
Langkah Kedua
Setelah membuat persegi, kemudian pastikan persegi tersebut dalam keadaan aktif (objek dalam keadaan aktif jika terdapat kotak-kotak kecil diantara sudut-sudutnya) lalu klik sekali objek persegi tersebut, jika berhasil maka kotak-kotak kecil diantara sudut-sudut persegi berubah menjadi tanda panah, lihat gambar dibawah ini :
Persiapan merubah bentuk objek persegi
Gambar 2. Persiapan merubah bentuk objek persegi
Langkah Ketiga
Klik dan geser panah yang diatas ke samping, maka objek akan berubah bentuk menjadi bujur sangkat, perhatikan gambar dibawah ini :
Klik dan Geser objek persegi
Gambar 3. Klik dan Geser objek persegi
Langkah keempat
Jika objek yang sedang anda buat sudah seperti gambar diatas, selanjutnya perhatikan Property Bar pada bagian Corner Radius, inilah saat kita membengkokan ujung-ujung bujur sangkar, namun jika anda langsung mengatur angka / parameter pada Corner Radius maka semua sisi dari Bujur sangkar akan membengkok, pada logo PT Pertamina yang bengkok hanya dua sisi saja lho.. lalu bagaimana solusinya? Tidak usah khawatir karena ini sangat mudah. Anda hanya perlu membuka gembok yang ada di menu Corner Radius ini, perhatikan icon yang saya lingkari biru pada gambar dibawah ini :
 Membuka Gembok Pada Corner Radius
Gambar 4. Membuka Gembok Pada Corner Radius
Jika gembok menutup maka saat satu sisi anda bengkokan sisi yang lain akan mengikutinya namun saat anda membuka gembok nya anda dapat mengatur sendiri parameter di setiap sisi objek tersebut.
Langkah kelima
Jika anda sudah membuka gemboknya, silahkan anda atur parameter pada kolom corner radius sesuai selera anda, dan pastikan kecekungannya mendekati cekungan pada logo Pertamina ya, anda pasti bisa lah mengira-ngiranya sendiri. Semangat broh… :D
Mengatur Parameter Corner Radius
Gambar 5. Mengatur Parameter Corner Radius
Hasilnya seperti ini :
Gambar 6. Hasil Modifikasi Objek Persegi
Langkah keenam
Selanjutnya Copy Objek kebawah (Saat melakukan Copy Objek jangan lupa untuk menekan CTRL agar objeknya tetap lurus)
Copy objek kebawah
Gambar 7. Copy objek kebawah
Atur Jarak antara kedua objek
Atur jarak antar objek
Gambar 8. Atur jarak antar objek
Kemudian Copy objek kesamping
 Geser objek kesamping
Gambar 9. Geser objek kesamping

Panjangkan objek dengan cara klik dan tarik objek kebawah
Panjangkan objek
Gambar 10. Panjangkan objek
Geser objek yang anda panjangkan tadi kesamping.
Geser objek kesamping
Gambar 11. Geser objek kesamping
Maka hasilnya seperti ini :
hasilnya seperti ini
Gambar 12. Hasilnya seperti ini
Bagaimana? Sudah samakan tampilannya seperti logo Pertamina? Jika yang anda buat belum pas, maka ulangi lagi dan ulangi terus sampai pas dan menyerupai logo pertamina, kalo ga pas-pas berarti anda perlu periksa mata, siapa tau mata anda minus.. hehe, becanda broh. :D

Langkah ketujuh
Pada langkah ini bisa dikatakan pembuatan logo Pertamina telah selesai, tinggal kita beri sentuhan terakhir berupa warna agar menarik, saya menggunakan warna dibawah ini
Panduan warna untuk logo pertamina
Gambar 13. Panduan warna untuk logo pertamina
Silahkan anda gunakan panduan warna diatas, atau menggunakan warna sendiri, namun pastikan warnanya mendekati warna asli logo yaa..

Setelah memberikan warna, silahkan masukan text menggunakan Text Tool, untuk font nya saya menggunakan Arial Black(dengan sedikit modifikasi).

Hasil akhirnya seperti ini :
Hasil Akhir Logo PT Pertamina
Gambar 14. Hasil Akhir Logo PT Pertamina
Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Kita hanya perlu mengolah tiga persegi dan menambahkan text dengan font standart Arial Black. Namun tahukah anda berapa harga untuk logo ini? Sampai berjuta-juta bro !!! yang mahal dari sebuah logo adalah ide dan kratifitasnya ! mungkin creator dari logo PT Pertamina bisa berminggu-minggu atau berbulan-bulan hanya untuk memikirkan bagaimana logo yang simple, bermakna dan menarik. Kreatifitas inilah yang dibayar mahal dari sebuah logo !

Terima kasih telah membaca tutorial ini semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kita untuk menciptakan logo yang lebih bagus.!