Tutorial Membuat Efek Lipatan Kertas Menggunakan CorelDRAW

MP Tutorial Desain – Hari ini saya ingin memperkenalkan sebuah Tool Unik yang ada di CorelDRAW, tool ini berguna untuk memberikan efek berupa lipatan kertas pada objek / foto, kemarin sempat ada rekan yang bertanya dan menunjukan sebuah brosur kepada saya, dia bertanya “bagaimana membuat efek seperti dibrosur ini?” setelah saya lihat terdapat efek seperti lipatan / gulungan kertas pada salah satu foto yang terdapat di brosur, lalu saya menjelaskan sekaligus langsung mempraktekan membuat efek tersebut.

Nama dari tool untuk membuat efek lipatan / gulungan kertas pada coreldraw adalah Page Curl , yaa dengan bantuan tool ini anda akan terbantu dalam membuat efek yang mengesankan dan bagus, andai saja tidak ada tool ini didalam coreldraw mungkin membuat lipatan dan gulungan kertas pada foto akan membutuhkan waktu berjam-jam karena harus satu persatu melengkungkan curve-curve pada objek tersebut.

Tutorial Membuat Efek Lipatan Kertas Menggunakan CorelDRAW

Saya kira tak usah berlama-lama lagi untuk penjelasanya, kita mulai saja tutorial ini :

Langkah pertama
Buka aplikasi CorelDRAW dan masukan foto (terserah anda) menggunakan File > Import atau gunakan Keyboard Shortcut CTRL+I

Masukan Foto Ke Lembar Kerja CoreDRAW
Gambar 1. Masukan Foto Ke Lembar Kerja CoreDRAW
Langkah Kedua
Setelah anda berhasil memasukan foto kedalam lembar kerja CorelDRAW, selanjutnya klik menu Bitmap pada Menu Bar kemudian pilih 3D Effects dilanjutkan memilih Page Curl.
Memilih Efek Page Curl
Gambar 2. Memilih Efek Page Curl
Langkah Ketiga
Memilih Page Curl maka akan terbuka sebuah window baru, di window tersebut anda dapat melakukan beberapa pengaturan untuk membuat efek lipatan/gulungan kertas sesuai dengan keinginan anda.
Menu Pengaturan Page Curl
Gambar 4. Menu Pengaturan Page Curl
Keterangan Gambar :
  1. Digunakan untuk mengatur bagian dari objek yang akan diberikan efek lipatan kertas, anda dapat memilih pojok kanan atas, pojok kiri atas, pojok kanan bawah atau pojok kiri bawah.
  2. Direction : Anda dapat memilih lengkungan pada objek tipe horizontal atau vertical. 
  3. Paper : Pada opsi ini anda dapat mengatur lengkungan objek menjadi transparan atau tidak.
  4. Color : mengatur warna dari lengkungan yang anda buat. 
  5. Widht : Mengatur lebar lengkungan
  6. Height : Mengatur Panjang Lengkungan
  7. Anda dapat meninjau hasil efek atau melakukan reset / pengaturan ulang pada hasil pengaturan yang sedang anda buat.
  8. Klik Oke : untuk mengakiri pengaturan, Klik Cancel : Untuk membatalkan Efek, Klik Help jika anda membutuhkan bantuan.
Langkah keempat
Setelah anda mengklik oke pada window pengaturan, maka anda akan mendapat hasil dari efek Page Curl berupa lengkungan pada objek dengan kesan 3D, jika anda sampai pada langkah ini berarti anda telah berhasil membuat sebuah objek dengan efek kertas tergulung / terlipat pada objek foto.

Hasil akhirnya seperti ini :
Membuat efek lipatan / gulungan kertas menggunakan coreldraw
Gambar 5. Hasil akhir
Mudah bukan membuat efek lengkungan pada objek foto, CorelDraw dengan semua keistimewaannya dapat membantu anda membuat atau mengolah objek berupa vector atau image bitmap menjadi sesuatu yang lain dan menarik, maka jangan lelah untuk berkreasi dan menciptakan sebuah objek yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Terima kasih  telah mengikuti tutorial ini, saya harap dapat bermanfaat untuk anda.