Mengenal Fungsi Extrude Tool pada CorelDRAW

MP Tutorial Desain - Selamat sore teman-teman, terima kasih yang sudah share tutorial dari MP Tutorial Desain, semoga tutorial-tutorial yang sudah kami release dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk anda semua pecinta desain grafis, khususnya di Indonesia. Sebagai ucapan terima kasih tim MP Tutorial Desain telah menyiapkan modul pembahasan terbaru dengan judul “ Mengenal Fungsi Tool Extrude pada CorelDRAW ”, special untuk anda yang sedang mendalami CorelDRAW.
Extrude Pada Objek CorelDRAW
Gambar 1. Extrude Pada Objek
Extrude sendiri merupakan Tool yang terdapat pada CorelDRAW yang memiliki fungsi untuk memberikan kesan 3D pada objek atau Text (Font). Tentunya desain dengan visual 3D akan menambah ke unikan desain dan memberikan kesan lebih professional pada desain yang sedang anda buat.


Untuk penggunaannya pun tergolong mudah dipahami dan mudah dipraktekan, ingin tahu lebih detail? ayo simak tutorialnya dibawah ini. 

Kita mulai tutorialnya, silahkan buat objek didalam CorelDraw, bebas bisa persegi, bulat ataupun Text sesuai keinginan anda, lihat sampel dibawah ini :

Buatlah Objek di dalam CorelDRAW
Gambar 2. Buatlah Objek di dalam CorelDRAW
Saya menggunakan objek persegi dengan huruf M di dalamnnya.

Setelah selesai membuat objek silahkan pergi menuju Toolbox, pada tampilan Toolbox default maka klik segitiga kecil dibawah Blend Tool, maka anda akan melihat Tool bernama Extrude, silahkan pilih kemudian klik (tahan+Drag) objek yang akan anda extrude.
extrude Tool
Gambar 3. Extrude Tool
Maka hasilnya akan seperti ini :
Objek di Extrude
Gambar 4. Objek di Extrude
Perhatikan Property Bar, ada banyak pengaturan yang dapat anda lakukan untuk membuat objek 3D, tentu setiap pengaturan mempunyai efek yang berbeda-beda.
Property Bar pada Menu Extrude
Gambar 5. Property Bar pada Menu Extrude
Keterangan Gambar :
Extrusion Type : Memilih type extrude, ada 6 pilihan berbeda yang dapat anda pilih sesuai keinginan 
Depth : Kedalaman extrude dari objek, anda dapat mengatur panjang pendek hasil extrude sesuai keinginan
Vanishing Point Coordinate : untuk menentukan arah dari efek extrude, anda dapat langsung menggeser-geser tanda panah pada objek sebagai ganti menu ini 
Vanishing Point Properties : Untuk mengunci posisi  
Extrude Rotation : dengan menu ini anda dapat memutar-mutar efek extrude pada objek 
Extrusion Color : untuk mengubah warna dari hasil extrude, secara default warna hasil extrude mengikuti warna objek, maka penggunaan menu ini sangat penting untuk membedakan objek dari hasil extrude. 
Extrusion Bevel : Untuk mengatur ketebalan dari Objek Hasil Extrude 
Extrusion Lighting : Untuk mengatur pencahayaan dari Hasil Extrude 
Copy Extrudion Properties : Untuk Meng-copy Objek Hasil Extrude  
Clear Extrusion : Untuk Menghapus Extrude (Mengembalikan Bentuk Objek ke semula)

Demikianlah Tutorial “ Mengenal Fungsi Tool Extrude pada CorelDRAW ” tentunya akan banyak sekali variasi yang dapat anda buat menggunakan Extrude Tool ini, setelah mengenal fungsi dan kegunaan dari masing-masing properties dari Tool Extrude ini, silahkan ber-explorasi dan ciptakan bentuk objek yang lain dari pada yang lain. Selamat Mencoba !!!