Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan di Bahas Secara Detail

Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan di Bahas Secara Detail
Dahulu, setiap negara mempunyai sistem satuan sendiri yang berbeda antara negara yang satu dengan negara lain. Seperti halnya di Inggris dan beberapa negara lain menggunakan satuan mil, yard, dan inci untuk mengukur besaran panjang. Namun satuan-satuan tersebut tidak dapat digunakan oleh semua negara, sehingga terjadi kesulitan-kesulitan dalam penyesuaian satuan. Oleh karena itu, dibuatlah suatu satuan yang dapat digunakan di seluruh dunia dan disebut sistem Satuan Internasional (SI).



Sebuah satuan dikatakan baik apabila memenuhi syarat-syarat berikut:
1. Satuan harus besifat internasional, yaitu dapat digunakan diseluruh dunia.
2. Satuan harus mudah ditiru dan diperbanyak sesuai dengan satuan asli.
3. Satuan harus bersfat tetap, tidak mengalami perubahan dalam segala keadaan.

Baca juga: Besaran Pokok, Besaran Turunan dan Contoh Soal
Sistem Satuan Internasional
Sistem Satuan Internasional (SI) merupakan sistem satuan atau besaran yang digunakan dan disepakati oleh seluruh dunia kecuali Amerika, Myanmar dan Liberia. Sistem SI digunakan pada besaran pokok dan besaran turunan, sistem SI dikenal juga sebagai sistem MKS yaitu panjang (Meter), massa (Kilogram), waktu (Sekon). Maksudnya apabila dalam sebuah pengukuran kita menggunakan meter sebagai satuan panjang, maka satuan massa harus kilogram dan satuanwaktu harus sekon.

Macam-macam satuan internasional (SI)

Satuan Dasar/Pokok
Sistem SI terdiri dari tujuh satuan dasar atau satuan pokok dan dua satuan tanpa dimensi.

Besaran Pokok dan Satuan Internasional


Satuan Turunan
Satuan turunan adalah satuan yang diturunkan dari satuan dasar/pokok. Berikut ini beberapa contoh satuan turunan yaitu:

Besaran Turunan dan Satuan Internasional



Awalan Satuan
Dalam sistem SI juga terdapat standar awalan (prefix). Awalan SI adalah awalan yang dapat diaplikasikan ke dalam satuan SI untuk membentuk sebuah satuan yang menandakan kelipatan dari satuan tersebut. Awalan SI juga digunakan untuk memudahkan menuliskan jumlah tanpa harus menggunakan notasi ilmiah / banyak angka atau banyak nol. Sebagai contoh, jarak antara dua kota adalah 10.000 meter, nah jarak kedua kota tersebut dapat juga kita tulis 10 kilometer. (karena awalan kilo yang berarti dikalikan dengan 1.000, maka 1 kilometer berarti 1.000 meter dan 10 kilometer = 10.000 meter).
Awalan-awalan satuan merupakan kelipatan 10 dari satuan dasar.
Tabel berikut menunjukkan awalan-awalan pada satuan SI
Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan

*Selain sistem MKS atau sistem SI, sistem satuan lain yang juga kita kenal adalah sistem CGS (Centimeter, Gram, Sekon) yaitu jika kita menggunakan centimeter sebagai satuan panjang, maka satuan massa harus gram dan satuan waktu harus sekon.