Tutorial Membuat Desain Kartu Nama Minimalis Menggunakan CorelDRAW

MP DesainKartu Nama merupakan kartu yang berisikan informasi mengenai sebuah perusahaan atau individu yang dibuat untuk tujuan pengingat dalam sebuah perkenalan formal, umumnya kartu nama berisi tentang nama perusahaan / individu, logo perusahaan, alamat, nomor kontak meliputi Telephone, WA, BBM, Email, Situs Web dll, Karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawah, kartu nama menjadi pilihan banyak perusahaan / Individu untuk mempromosikan Bisnisnya.

Kartu Nama sendiri harus di desain sesimple mungkin namun dengan cakupan informasi yang lengkap, desain yang terlalu ramai dapat mengurangi ke-profesionalan dari kartu nama itu sendiri.  Konsep kartu nama dengan desain minimalis dapat membuat kesan yang elegan untuk perusahaan anda, konsep seperti ini akan membuat orang terfokus pada informasi utama yang ada pada kartu nama anda. Membuat desain minimalis bukan hanya asal simple, namun dibutuhkan kreatifitas agar desain kartu nama menjadi menarik. Susunan layout, tata letak, huruf, kombinasi warna dan material kertas adalah hal yang harus anda perhatikan agar nanti hasil cetak dari kartu nama yang anda buat akan memuaskan client anda.

Tutorial Membuat Desain Kartu Nama Minimalis Menggunakan CorelDRAW

Untuk anda yang sedang kesulitan dalam membuat kartu nama, Kali ini MP Desain akan mencoba memberikan panduan membuat kartu nama untuk anda, tentu nya dengan konsep minimalis, semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat menjadi referensi untuk anda semua. Penasaran dengan langkah membuat nya? Mari simak tutorial ini.

Langkah Pertama
Untuk membuat kartu nama, software yang akan saya pakai adalah CorelDRAW, karena dengan semua tool dan feature dari software ini dapat mempermudah kita dalam melakukan desain.

Silahkan buka Aplikasi CorelDRAW nya, kemudian buat dokumen baru dengen cara File > New atau menggunakan Keyboard Shortcut CTRL+N, setelah itu buat sebuah objek rectangle dengan ukuran 9 x 5,5 cm.
Buat Objek Persegi menggunakan Rectangle Tool
Gambar 1. Buat Objek Persegi menggunakan Rectangle Tool
Langkah kedua
Buat satu lagi Objek persegi menggunakan Rectangle Tool dan tempatkan di tengah objek utama dengan cara blok kedua objek kemudian tekan C dan E pada Keyboard.
Buat Persegi satu lagi dan tempatkan ditengah objek utama
Gambar 2. Buat Persegi satu lagi dan tempatkan ditengah objek utama
Langkah ketiga
Warnai Persegi sesuai dengan keinginan, kali ini saya menggunakan contoh warna hitam dipadu dengan biru, setelah selesai memberikan warna selanjutnya blok semua objek lalu klik kanan pada warna putih disilang pada color bar, perhatikan gambar dibawah ini :
Warnai Objek dan hilangkan Outline
Gambar 3. Warnai Objek dan hilangkan Outline

Langkah keempat
Setelah memberikan warna dan menghapus outline, selanjutnya masukan logo perusahaan / individu kedalam Rectangle yang berwarna biru, bisa juga ditambah dengan Text / Font untuk mempercantik antar-muka nya.


Gambar 4. Masukan Logo dan Text kedalam Objek

Langkah kelima
Halaman depan dari Kartu Nama telah berhasil dibuat, langkah selanjutnya membuat halaman belakang dari kartu nama, silahkan Copy Kartu Nama yang tadi anda buat.

Copy Objek menjadi dua
Gambar 4. Copy Objek menjadi dua
Jika Belum tau cara mengcopy Objek Silahkan Liat tutorialnya di : Tips Cepat Mengcopy Objek Pada CorelDRAW

Langkah keenam
Setelah objek berhasil dicopy, objek hasil copy inilah yang nantinya akan berisi informasi Perusahaan / individu yang mencakup Nama, Alamat, Email, Kontak dll. Silahkan buat rectangle menyerupai gambar dibawah ini :
Modifikasi Rectangle
Gambar 6. Modifikasi Rectangle
Langkah ketujuh
Cari ikon dengan nama wingdings yang ada pada kolom insert characters, untuk memunculkan menu ini silahkan klik Menu Text > Insert Symbol Character atau menggunakan keyboard shortcut CTRL+F11.
Insert Symbol Character
Gambar 7. Insert Symbol Character
Langkah kedelapan
Silahkan memilih milih symbol yang ada pada menu tersebut atau jika tidak puas dengan symbol bawaan coreldraw, anda dapat membuat symbol sendiri atau mencari icon di internet, masukan symbol dan text serta logo kemudian susun sedemikian rupa, usahakan warna text symbol dan logo terlihat dengan jelas.
Desain Kartu Nama
Gambar 8. Desain Kartu Nama
Diatas adalah contoh logo, symbol dan text yang telah saya susun, atau anda mungkin punya sususan sendiri silahkan kreasikan imajinasi anda.

Langkah kesembilan
Akhirnya Kartu Nama telah selesai dibuat
 Hasil Akhir Desain Kartu Nama
Gambar 9. Hasil Akhir Desain Kartu Nama
Demikianlah Tutorial tentang Desain Kartu Nama Minimalis Menggunakan CorelDRAW , semoga dapat dijadikan referensi saat anda ingin membuat desain kartu nama sendiri, silahkan berkreasi anda dapat membuat kartu nama yang lebih bagus dari contoh diatas, asalkan sering berlatih dan terus mencoba serta mencari berbagai referensi yang ada, dengan demikian inspirasi pasti akan mengalir dengan sendirinya.
Terima Kasih.